Sedekah Yang Mendatangkan Kemuliaan

14. 1
Uncategorized

Sedekah Yang Mendatangkan Kemuliaan

Sedekah adalah membelanjakan harta dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah. Bersedekah termasuk ibadah atau amal saleh yang dicintai Allah dan Rasul-Nya.

Perumpamaan orang bersedekah diterangkan oleh Allah dalam firman-Nya:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS Al-Baqarah Ayat 261)

Ada beberapa jenis sedekah yang hukumnya sunnah, namun mendatangkan banyak kemuliaan dan pahala besar diantaranya adalah :

1. Menyantuni Anak Yatim
Memberi santunan kepada anak-anak yatim, adalah perbuatan yang amat mulia
Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:“Tetapi Dia tidak menempuh jalan yang mendaki lagi sukar. Tahukah kamu apa jalan yang mendaki lagi sukar itu? (yaitu) melepaskan budak dari perbudakan, atau memberi makan pada hari kelaparan, (kepada) anak yatim yang ada hubungan kerabat, atau kepada orang miskin yang sangat fakir. (QS. Al Balad: 11-16)
dan dijanjikan posisi yang dekat dengan Rasulullah di surga. Perbuatan ini termasuk sedekah yang hukumnya sunnah namun memiliki banyak kemuliaan dan berpahala besar.

2. Menyumbang Masjid
Menyumbang pembangunan masjid atau mengisi kotak amal yang beredar seusai shalat termasuk sedekah yang sunnah dan termasuk golongan Sabilillah yang dijelaskan dalam surat Al-Baqarah Ayat 261 dan sangat bernilai di sisi Allah SWT.

3. Menyerahkan Harta Wakaf
Menyerahkan tanah wakaf untuk dikelola dengan baik dan selalu memberi manfaat yang terus dipetik, termasuk ke dalam jenis sedekah dan termasuk golongan Sabilillah yang dijelaskan dalam surat Al-Baqarah Ayat 261 yang mendatangkan pahala besar.

4. Membiayai Penuntut Ilmu
Membiayai para penuntut ilmu termasuk sedekah yang dianjurkan. Termasuk membiayai siswa berprestasi dalam program bea siswa dan menyantuni sekolah atau pesantren dan termasuk golongan Sabilillah yang dijelaskan dalam surat Al-Baqarah Ayat 261

5. Membiayai Kegiatan Dakwah
Mengeluarkan uang atau harta untuk memmbiayai berbagai program dan kegiatan dakwah juga mendatangkan pahala besar. Diantaranya untuk kepentingan majelis taklim, pengajian, tabligh akbar dan semacamnya dan termasuk golongan Sabilillah yang dijelaskan dalam surat Al-Baqarah Ayat 261

6. Memberi Makan Hewan
Bahkan memberi makan hewan-hewan juga termasuk sedekah yang dicintai Allah. Diriwayatkan ada orang masuk surga karena memberi minum anjing yang kehausan. Berkat memberi minum anjing itu, Allah mengampuni dosanya.

7. Membantu Kerabat atau Fakir Miskin
Membantu atau bersedekah pada kerabat dan fakir miskin termasuk amalan yang mendatangkan pahala besar. Hal ini sebagaimana diterangkan Rasulullah dalam sabdanya: “Bersedekah kepada orang miskin adalah satu sedekah dan kepada kerabat ada dua (kebaikan), sedekah, dan silaturrahim.” (HR At-Tirmidzi)

Demikian jenis-jenis sedekah yang dianjurkan dan mendatangkan pahala besar bagi yang mengamalkannya. Semoga Allah meenjadikan kita golongan ahli sedekah. Aamiin

Pondok Pesantren Madinatul Amin menerima infaq/shadaqah pembangunan pondok putri.
BSI : 7153936198 An. Pondok Madinatul Amin
BRI: 304301036479537 An. Pondok Madinatul Amin
Bank Jateng Syariah: 6022013308 An. Pondok Madinatul Amin
BNI: 3123127340 An. Pondok Madinatul Amin
Mandiri: 1360014022708 An. Pengasuh Pondok Madinatul Amin (Amin Farih)
BCA: 8715358219 An. Pengasuh Pondok Madinatul Amin (Amin Farih)